Thursday, May 23, 2013

IPS TERPADU

Gambar 1. Gambar IPS

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006,  tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan  Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), mencakup materi geografi, sejarah,  sosiologi, dan ekonomi. Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajarannya. Dengan pembelajaran secara terpadu, diharapkan pembelajaran IPS menjadi lebih bermakna bagi peserta didik dalam konteks kehidupan sehari-hari. Peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan utuh.
Mata pelajaran IPS mengkaji berbagai aspek kehidupan masyarakat secara terpadu, karena kehidupan masyarakat sebenanya merupakan sebuah sistem dan totalitas dari berbagai aspek. Kehidupan bermasyarakat bersifat multidimensional, sehingga  pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara terpadu diharapkan mampu mengantarkan dan mengembangkan kompetensi peserta didik ke arah kehidupan bermasyarakat dengan baik dan fungsional,  memiliki kepekaan sosial dan mampu berpartisipasi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi.
Namun dalam Standar Isi mata pelajaran IPS SMP, belum sepenuhnya terpadu, sehingga menjadi beban dan tidak jarang menimbulkan  kebingungan bagi para guru, mengingat terjadi gap antara maksud dan tujuan IPS dengan pelaksanaan di lapangan. Oleh karena itu perlu upaya-upaya dengan mengembangkan  bahan kajian yang ada dalam standar isi menjadi tema-tema yang dibelajarkan secara terpadu.
Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP). Dalam kenyataannya, guru masih mengalami kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran IPS secara terpadu. Masih banyak guru yang memahami IPS sebagai mata pelajaran yang terpisah-pisah, yaitu Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan Sejarah, yang pembelajarannyapun dilaksanakan secara terpisah. Hal ini jelas tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pembelajaran IPS. Dalam konteks ini sangat mungkin di antara guru IPS yang ada, juga kurang memahami tujuan pembelajaran IPS. Untuk itu, perlu disusun Makalah mengenai Strategi Pembelajaran IPS Terpadu.


No comments:

Post a Comment